PAKAN ALTERNATIF LELE


Gbr Lele

Pelihara lele memang mudah, jenis ikan nya termasuk ikan yang ‘bandel’ dan handal, dalam arti tidak sensitif terhadap air dibandingkan dengan ikan lainnya seperti ikan hias, ikan mas, ikan gurami dll. Kalau dipelihara dengan tepat dengan konsumsi pakan yang sangat cukup, panen bisa dilakukan hanya dalam waktu 3 bulan dengan ukuran bibit (belur) masuk kolam adalah 1 ruas jari orang dewasa. Namun dibalik sisi positif dari ikan ini, ada juga sisi negatifnya, yaitu sifat rakus akan makan. Untuk jenis lele ini, jumlah pakan yang diperlukan adalah sangat besar. Umumnya pelele ( petani lele ) menghabiskan sebagian besar (70-80%) biaya pemeliharaan untuk pos pakan. Dapat dibayangkan jika kebutuhan akan pakan ini tidak dapat dipenuhi, maka kegagalan panen sudah diambang mata. Ada alternatif lain yang sering diupayakan petani lele untuk mengatasi masalah ini, antara lain mencari alternatif pakan.
1.Darah
Dari pengalaman penulis, salah satu alternatif pakan yang digunakan adalah dengan menggunakan darah ternak yang dipotong seperti sapi, lembu, ayam, dll. Darah yang sudah dikumpulkan, bisa diberikan langsung jika darah yang diperoleh dalam kondisi bergumpal/padat. Jika dalam bentuk cair, direbus, kemudian diangin2kan agar dingin, lalu diberikan langsung ke lele. Perlu diperhatikan beberapa hal dalam penggunaan pakan darah ini:
a. kandungan pada darah hanya kaya akan protein, untuk kandungan lainnya seperti vitamin, mineral dlsb perlu ditambahkan secara manual, artinya pemberian pakan pelet perlu diberikan namun dengan porsi yang lebih sedikit.
b. pemberian pakan darah diberikan secara bertahap, untuk menghindari pengendapan sisa pakan pada dasar kolam. Jika sampai terjadi pengendapan,akan menimbulkan bau dan pembusukan pada air. Pembusukan yang terlalu banyak, akan menyebabkan lele kesulitan dalam beradaptasi.
c. jika terjadi hal pada item b, diperlukan produk tambahan yang dapat membantu mempercepat menguraikan endapan darah tadi menjadi pakan organik, yang dapat menjadi pakan alternatif lainnya. Produk ini banyak dipasaran.
e. perlu diperhatikan bahwa pemberian pakan darah ini dilakukan secara bertahapm, jangan langsung 100% pakan darah sebaiknya 10%, 30%, 50%, 80% perbandingannya dengan pelet. Pemberian pakan pelet tetap dilakukan untuk pemenuhan asupan mineral yang tidak ada pada pakan darah.
f. kualitas daging lele dari hasil pakan darah ini lebih empuk, lele lebih gemuk dan panen bisa lebih cepat (penulis pernah panen dengan periode 2 tahun 5 bulan, dengan ukuran bibit 1 ruas jari orang dewasa).

Untuk melengkapi pengetahuan akan perlelean, silahkan unduh link2 berikut ini (disusun dan dikumpulkan dari berbagai sumber)

http://www.ziddu.com/download/6624999/CaraPeliharaLele1.3gp.html

http://www.ziddu.com/download/6718502/CaraPeliharaLele2.3gp.html

http://www.ziddu.com/download/6743184/PembenihanLeleSANGKURIANG.pdf.html
http://www.ziddu.com/download/6743110/BudidayaIkanLele1.pdf.html
http://www.ziddu.com/download/6743108/BudidayaIkanLele2.pdf.html
http://www.ziddu.com/download/6743105/BUDIDAYALELE.pdf.html

About these ads

40 Tanggapan to “PAKAN ALTERNATIF LELE”

  1. Mas, link blognya sudah saya tautkan di blog saya. :)

  2. nursyamsu Says:

    mintak informasi cara berternak ikan lele

  3. Informasi yang bagus, bias dicoba buat peluang usaha….. makasih….

  4. Salam kembali pak… silahkan pak ditawarkan disini, mana tau ada rekan2 yang tertarik.. Tks atas kunjungannya…

  5. taufiq bahasan Says:

    salam kenal

  6. lam kenal para senior lele,,bos dah ada riset hemat pakan lele pembesaran lom yg mencapai 50%???bg2 dong ilmunya

    • bisa coba dengan pakan darah pak, dicampur dengan pupuk cair untuk hewan…efisiensi nya lumayan juga tuh, memang belum 50%..30-40% boleh lah…

      • kl darah kayaknya sy susah dpt,,,kl dgn pakan pabrikan dan aplikasi suplemen serta probio gmn p? apa sdh pernah ada pengalaman lapngan?? ini pentingsekalli krn harga pakan sepengatahuan saya belum pernah ada sinkronisasi dgn harga jual dging lele,,thaks jwabannya dan sy tgg infonya tentang fcr yg bisa dibilang bagus[50%]

      • salam..mohon maaf saya baru bisa balas setelah 2 tahun lebih…untuk aplikasi suplemen hanya sebagai doping saja pak, layaknya vitamin terhadap manusia. supplemen hanya meningkatkan kinerja hormon dan syaraf agar nafsu makan bertambah….

  7. kalau ada informasi lele bisa dikirim ke email saya
    terimakasih

  8. kalau ada informasi lele bisa dikirim ke email saya
    analisa ekonominya mau juga
    terimakasih

  9. saya mencari info komposisi kimia..kandungan darah sapi

    • info dari teman saya yang pernah meneliti komposisi darah sapi ini adalah terdiri dari protein darah seperti manusia juga pak,hanya prosentase nya berbeda…nanti saya akan coba kumpulkan informasi lebih jelasnya. Tks

  10. Kang Yunus Says:

    Saya mau bertanya apakah Bapak punya teknik cara membuat pakan alternatif lele dari kotoran sapi yang dipermentasi dengan menggunakan enzim? kalau ada bisakah membagi ilmunya kepada saya? Sebelumnya saya ucapkan Hatur nuhun Pak atas kebaikannya.

    • salam..mohon maaf saya baru bisa aktif kembali di blog ini… untuk penggunaan pakan alternatif lele dari kotoran sapi saya dapt info dari teman saya yang sudah menggunakannya cukup bisa diandalkan kira2 25% efisiensi biaya pakan. Intinya sebenarnya adalah pembusukan pada tumbuhan lain yang memiliki potensi tempat berkembang biaknya cacing atau organik lainnya yang memiliki kandungan protein yang tinggi seperti belatung.

  11. salam kenal gan, mantap nih artikelnya sangat membantu top deh

    mampir ke web ane juga ya gan thx

    http://www.bibitlele.com

    salam sukses selalu

  12. bisa langsung dicoba, sbb kalo ngandalkan pelet cozx terlalu gede untungx nipis, mksh infox

  13. aku baru mau mulai bisnis budidaya lele nih, klo ada info tentang budidaya lele secara lengkap tolong dong dikim ke email ku. sebelumnya terima kasih atas perhatiannya.

  14. Juan Carlos Tamps Says:

    Kiranya Tuhan senantiasa memberikan rahmatNYA kepada orang orang seperti anda,,
    ini sangat bermanfaat bung,, thanks

  15. Salm kenal pak.. Sy br merilis trnak lele.. Panen prtama cm dpt 70 kg, dr 10 rb bbt yg ditebar… Kegagln dikrnakan byk’y bibit yg mati pd awal2 penebaran… Saya bingung pa knp bs byk yg mati ya?

    • Kasusnya seperti rekan2 yang lain juga mas. bisa banyak faktor penyebabnya, antara lain air,pakan,cuaca dan penyakit. sebaiknya untuk pertamakali masuk bibit, tinggi air cukup 30-50cm, dan kolam perlu dipersiapkan selama lebih kurang 2-3 minggu agar air bisa normal dan pakan organiknya tersedia. Agar pakan organik tersedia, kolam sebaiknya dipupuk terlebih dahulu (khusus untuk kolam tanah).3 hari s/d 2 minggu masa pemeliharaan awal merupakan periode kritis untuk bibit. sebaiknya benar2 dijaga air dan pakannya. Jika lelenya terkena serangan penyakit berupa bercak putih dan sering naik kepermukaan air, segera dipisahkan dan dibersihkan dengan BETADINE, rendam kira2 30 menit, air kolam diganti kemudian dimasukkan kembali. Mudah2an bisa berkurang yang mati. Silahkan dicoba pak, mudah2an ketemu cara pemeliharaan yang tepat. Salam

    • maaf saya baru aktif kembali… untuk pemeliharaan lele yang perlu diperhatikan adalah kondisi air dan suhu yang ideal bagi lele. untuk ukuran 1 ruas jari dewasa, tinggi air jangan lebih dari 50cm. pemberian pelet dilakukan secukupnya, boleh diaplikasikan produk vitamin dan protein mempercepat dan meningkatkan ketahanan lele. Biasanya dalam jangka waktu 1 bulan akan terlihat perkembangan lele yang sangat cepat. Asal pakan nya cukup tidak perlu dilakukan sortir pada lele….demikian saya sampaikan…

  16. ada gak ya vitamin agar lele cepat besar?ya,,seukuran konsumsi…

    • banyak pak. sekarang yang lagi trend adalah pupuk organik. Prinsipnya sama, merangsang hormon untuk pertumbuhan pada ikan. tks

    • coba pakai pupuk cair yang khusus untuk ikan. Dicampur pada pelet dengan cara direndam dengan larutan yang telah diaplikasikan pupuk cair tersebut. Pupuk cair nya yang mengandung protein dan vitamin untuk meningkatkan nafsu makan. Supaya yakin dimakan oleh lele nya, di puasakan dulu 24 jam lele tidak diberikan makanan

  17. Hehehe, mengingatkanku pada masa kecil .. Bapak memelihara ikan lele di belakang rumah , dan tiap pagi sebelum brangkat sekolah aku nyebarin makanan / pellet ke kolam … dejavu..

  18. Lele rakus karena memang sedang bertumbuh. Jadi makanan yang disantap tidak sia-sia, karena akan menjadi daging.

  19. Tapi kerakusan lele ini yang menjadikan sesautu yang menakutkan bagi pembudidaya pemula

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: